Jasa Bangun dan Renovasi Ruko atau Kantor di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang Selatan, Bekasi

Renovasi Ruko atau Kantor

Sekarang ini dunia usaha terus berkembang, maka kebutuhan akan ruang usaha semakin banyak dibutuhkan diantaranya rumah toko (ruko) dan rukan (rumah kantor). Renovasi ataupun pembangunan ruko atau kantor akan menyesuaiakan tataletak ruang dan desain interior yang disesuaikan degan jenis usaha yang dilakukan.


Scope pekerjaan yang dapat kami lakukan untuk renovasi ruko/rukan diantaranya


  • Renovasi fasad/tampilan tampak depan
  • Pembuatan dinding/sekat partisi gypsum
  • Pengecatan interior maupun exterior
  • Instalasi lampu dan tambah daya listrik
  • Plafon gypsum dan drop celling

Dalam merencanakan pembangunan ruko/rukan, hal yang pertama perlu dilakukan adalah mengidentifikasi kebutuhan pembangunan ruko/rukan sehingga sesuai dengan keinginan. Setiap kontraktor bangunan yang serius memiliki rencana ataupun konsep terperinci mengenai seperti apa model desain rumah yang akan dibangun. Rencana ini akan menjamin pembangunan yang dilakukan sesuai dengan permintaan dan kebutuhan. Hal ini biasanya dilakukan oleh team arsitek profesional yang sudah berpengalaman di bidangnya sehingga hasil desain model rumah tersebut nantinya sesuai dengan standar dan peraturan yang ada.

Kami juga menerima jasa untuk pembangunan proyek ruko/rukan, dan minimarket (indomaret/alfamaret). Bilamana Anda sedang berencana untuk membuka usaha menyewakan atau jual beli ruko/rukan, kami akan membantu anda mewujudkan pembangunan ruko anda dengan harga yang kompetitif.

Konsultasikan rencana membangun ruko anda dengan Tim perencanaan kami untuk:

  • layout/denah lantai 1 ruko
  • layout denah lantai 2 ruko
  • gambar Instalasi ME/listrik dan Plumbing
  • gambar 3D/perspektif tampak depan
  • badget/dana pembangunan ruko

Membangun ruko bisa menjadi alternatif pilihan sebagai tempat usaha sekaligus rumah tinggal, Disini akan kita buat sebuah contoh sederhana menghitung biaya bangun ruko sebagai perkiraan bagi pemilik bangunan untuk menyiapkan perkiraan biaya yang dibutuhkan. Untuk dapat menghitung secara sederhana maka kita memerlukan data luas bangunan dan harga per m2 biaya bangun ruko, misalnya kita dapatkan data perhitungan sebagai berikut:

Di awal tahun 2015 ini ada beberapa bahan material mengalami kenaikan harga. Kami sangat berhati hati dalam menyikapi hal tersebut karena akan berpengaruh dalam biaya pembangunan ruko. Sebagai gambaran awal dalam membangun ruko di wilayah Jakarta dan sekitarnya sebagai berikut:

Estimasi anggaran biaya bangun ruko mulai Rp 2.750.000/m2


  • Apabila anda membangun ruko 1 lantai dengan luas 5m x 12 m= 60 m2, maka untuk   perkiraan biaya bangun rukonya adalah 60m x Rp 2.750.000 = Rp 165.000.000
  • Apabila anda ingin membangun ruko 2 lantai dengan luas 120 m2 (lantai 1+lantai 2)   maka untuk perkiraan biayanya  adalah 120m x Rp 2.750.000 = Rp 330.000.000,-

Untuk menghitung biaya secara detail dapat menggunakan sistem analisa harga satuan, caranya hampir sama seperti diatas namun kita buat rincian daftar pekerjaan terlebih dahulu kemudian mengalikan masing-masing item pekerjaan dengan harga satuan. setelah semua item pekerjaan dihitung lalu dijumlahkan sehingga mendapat biaya total yang diperlukan untuk membangun ruko. cara ini lebih mendekati benar dan dapat dijadikan sebagai laporan pekerjaan bagi kontraktor atau sebagai data lampiran untuk meminjam uang di BANK.

Cara menghitung biaya pembangunan ruko sistem m2 bangunan ini juga dapat diterapkan dalam perhitungan biaya membangun rumah tinggal,kios,toko dan bangunan sejenis lainya karena yang dibutuhkan hanyalah data harga per m2 pada lokasi pembangunan dan luas bangunan. Harga per m2 ini juga sangat dipengaruhi kelas kualitas bangunan. jika menggunakan material standar maka biayanya bisa lebih murah namun untuk penggunaan material kelas atas dengan berbagai macam aksesori mahal maka biaya per m2 bangunan juga ikut tinggi. demikian contoh sederhana dalam memperkirakan biaya untuk membangun ruko, semoga bermanfaat dan Segera hubungi kami untuk kebutuhan bangunan ruko/rukan Anda.